DAFTAR SEMENTARA BAKAL CALEG DPRD KOTA TANGERANG PARTAI BARISAN NASIONAL...:::...DP I : 1.ERWIN HASAN, SE., 2.SARAH SELIYA....:::....DP II : 1.H.J. MATULESSY....:::....DP III : 1. CECEP, 2. SUKAJI,......:::......DP IV : 1.GALIH GUMELAR, ST., 2.TIN HIDAYATI, SE.,3.M.APRIL, 4.ELLY SURYANA., 5.MADIH, 6. ANITA,...:::...DP V : 1.HERU NUGROHO,2.ABDUL ROHMAN...:::....

Kamis, 12 Februari 2009

Barnas Bantah Jadi 'Sekoci' SBY

Semarang - Ketua DPP Partai Barisan Nasional (Barnas) Harry Purnomo membantah tudingan bahwa partainya didirikan hanya sekedar menjadi partai pecahan atau 'sekoci' dari Partai Demokrat dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 untuk memperkuat tambahan perolehan suara calon presdien (capres) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nanti.

"Barnas memang sering dipersepsikan sekoci Susilo Bambang Yudhoyono. Tetapi kami tegaskan bukan," bantah Harry menjawab wartawan seusai meresmikan kantor DPD Partai Barnas Jawa Tengah di Jl. MT Haryono, Semarang, Minggu (29/12).

Sebelumnya, istilah sekoci muncul karena ada figur Dadang Garnida yang merupakan teman akrab SBY menjadi Sekjen Barnas. Sebagai sekoci, Barnas diharapkan menampung suara pemilih yang masih suka SBY tetapi tidak nyaman lagi dengan Partai Demokrat karena ada friksi dengan individu pengurus partai. Dengan adanya “sekoci”, diharapkan suara yang pergi dari Demokrat tidak lari ke partai lain.

Lebih lanjut Harry mengemukakan, Partai Barnas sadar sebagai partai baru dan masih kecil. Namun, dia optimis partainya bisa meraih dukungan signifikan dari masyarakat, setidaknya Partai Barnas bisa lolos parliamentary threshold (PT) sebesar 2,5 persen suara nasional sebagai syarat menempatkan wakilnya di DPR.

"Kita tidak pusing-pusing dengan aturan seperti parliamentary threshold. Dengan aturan apa pun, Barnas siap mengikuti. Yang penting saat ini kami berjuang agar masyarakat memilih Barnas," kata Ketua DPP Partai Barnas.

Senada pula, Ketua Umum DPP Partai Barnas Vence Rumabngkang membantah partainya berafiliasi dengan Partai Demokrat. “Tidak. Secara organisatoris sama sekali tidak. Partai Barnas independen. Kita hanya satu asas dan kebetulan pendiri partainya sama,” tampik mantan pendiri Partai Demokrat ini.

Namun, Vence mengakui, Partai Barnas yang didirkan pada 1 Oktober 2007 masih terikat komitmen dengan SBY. “Kami melihat masih perlu ada kekuatan lain yang menopang SBY. Parta-partai baru ada kecenderungan tidak mendukung beliau. Oleh karena itu perlu ada partai baru, yang minimal mengawal pemerintahan, atau bisa bersinergi dengan Partai Demokrat,” kilahnya.

Kalau masih sejalan dengan SBY, mengapa berpisah dengan Demokrat? “Menurut saya, Partai Demokrat sudah settled. Biarkan saja mereka berjalan sesuai dengan program mereka. Saya melihat bahwa ada kekuatan baru yang akan kami mobilisasi untuk bisa menggunakan hak pilihnya lewat Partai Barnas. Sasaran kami itu. Berkompetisi dengan partai lain memperebutkan suara mengambang 30 persen,” jawab Vence.

Ia juga membantah jika dikatakan pendirian Partai Barnas karena kecewa dengan Partai Demokrat. “Penilaian itu boleh saja. Itu hak mereka untuk menilai. Tetapi saya berpendapat lain. Kalau alasan pribadi enggaklah. Saya secara pribadi masih menjalin hubungan baik dengan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, yaitu Pak SBY. Kita tidak berseberangan. Kami justru mendorong Partai Demokrat harus lebih eksis daripada Pemilu 2004. Karena saya juga pendiri Partai Demokrat,” ujar Vence.


Jadi sebenarnya Partai Barnas didirikan untuk apa? “Tujuan Partai Barnas didirikan adalah menjadikan partai jangkar atau setidak-tidaknya perekat bagi setiap kekuatan nasional yang bertekad untuk memperjuangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Yang jelas, Partai Barnas tidak boleh menjadi penonton dalam setiap kompetisi demokrasi,” jawabnya pula.

Ditanya mengenai siapa capres dari Partai Demokrat, Vence tidak mau berkomentar dulu. Alasannya, karena untuk memutuskan dukungan capres harus diambil dalam satu forum nasional dulu. “Sebagai ketua umum partai, tentu saya akan tunduk kepada keputusan partai. Sampai saat ini belum ada capres dari Partai Barnas. Walau secara pribadi saya punya komitmen dengan SBY untuk berjuang sampai 2014, tetapi sebagai ketua umum Partai Barnas, saya memerlukan pertemuan nasional,” tukasnya. (ARI/Kps)

Tidak ada komentar:

DAFTAR KETUA PAC PARTAI BARISAN NASIONAL KOTA TANGERANG...:::...Kec. Tangerang : Tauifik....:::....Kec. Cipondoh : Madih....:::....Kec. Batu Ceper: Firmansyah....:::....Kec. Benda : Iwan Setiadi......::...Kec. Neglasari:Zulfikar...:::....Kec.Jatiuwung: Pipin Firmanudin, SH.......::::.....Kec. Larangan : Toto.....::.... Kec. Karang Tengah: Mardanih......::......Kec. Ciledug : Ebit....::...